Karang Taruna Banten Petakan Potensi Peluang Usaha Bagi Para Kader

Karang Taruna Provinsi Banten memetakan peluang usaha potensial yang memungkinkan bisa ditangkap dan dikelola oleh anggota Karang Taruna.

Hal ini terungkap dalam acara silaturahmi dan konsolidasi pra rapat kerja daerah (rakerda) Bidang IV (industri, kewirausahaan dan perdagangan ) Karang Taruna Provinsi Banten, di Kota Serang, Jumat (15/10/2021).

Wakil Ketua IV Karang Taruna Provinsi Banten, Dadan Suryana kepada awak media Sabtu (16/10/2021) menjelaskan ada beberapa poin pembahasan dalam acara silaturahmi dan konsolidasi pra rakerda tersebut, di antaranya pemetaan potensi sumber daya manusia anggota Karang Taruna Banten.

“Yang dibahas terkait potensi sumber daya manusia anggota Karang Taruna Banten yang selama ini bergerak di bidang industri, kewirausahaan dan perdagangan, baik level Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun skala besar,” ujar Dadan.

Tidak hanya itu, kata Dadan, Karang Taruna Banten berusaha menjadi akselerator dari sisi akses penunjang bagi kelancaran usaha para anggota Karang Taruna yang selama ini berprofesi sebagai pelaku usaha, baik dari akses permodalan dengan perbankan, regulasi pemerintah, dukungan pemerintah, peningkatan kapasitas skill bisnis, supply bahan baku, akses pasar, pola distribusi logistic dan lain-lain.

“Kami juga akan membuka jaringan bisnis baik antar sesama anggota Karang Taruna maupun dengan mitra-mitra yang relevan dengan kegiatan usaha mereka,” kata Dadan.

Dadan mengatakan, melalui badan yang dimiliki di Karang Taruna Banten, yaitu Direktorat Pusat Inkubator Bisnis dan Direktorat Taruna Wirausaha (Tawira), Karang Taruna Banten sedang berproses menciptakan ekosistem usaha yang dapat saling melengkapi dan saling menguntungkan antar anggota Karang Taruna.

Sementara itu, Direktur Pusat Inkubator Bisnis Karang Taruna Banten, Ari Muhammad mengatakan ide- ide dan gagasan terkait peluang usaha potensial perlu dikonsolidasikan untuk selanjutnya dirangkum sebagai bahan program kerja resmi.

“Program kerja itu akan ditetapkan pada rakerda Karang Taruna yang insyaallah digelar bulan depan. Ini sesuai dengan arahan Ketua Karang Taruna Provinsi Banten, Bung H. Andika Hazrumy,” ujar Ari. (dam/ipc)

Mungkin Anda Menyukai