Karang Taruna Desa Girimukti, Bantu Evakuasi Warga Yang Terdampak Banjir.

Lebak – Hujan deras beberapa hari ini telah mengakibatkan banjir bandang di kampung Bangkalok, desa Girimukti, kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak-Banten. Akibatnya puluhan rumah di wilayah tersebut terendam banjir. Sabtu, (21/8/2021)

Ketua Katar kabupaten Lebak, H.Kuncoro Addakiri saat di konfirmasi awak media mengatakan, sore tadi kami mendapatkan informasi adanya bencana banjir bandang di wilayah kecamatan Cimarga  Malam harinya, kami Relawan Karang Taruna Kabupaten Lebak bersama Karang Taruna Satya Bhakti Desa Girimukti bergerak cepat turun kelokasi untuk membantu warga, sekaligus memberikan bantuan kebutuhan pangan. Berupa beras, makana siap saji, biscuit dan sejumlah makanan lainnya.

“Kami berkordinasi dengan Dinsos provinsi Banten dan Dinsos kabupaten lebak, bersama rekan Tagana dan dibantu Karang Taruna Desa Girimukti, menyalurkan bantuan 3 (kuintal) beras, 200 Pic biscuit dan sejumlah makanan siap saji lainya,” kata Kuncoro.

Masih kata Kuncoro, adapun jumlah korban yang terdampak banjir sebanyak 128 KK di Desa Girimukti, 14 KK di Desa Sudamanik, 2 KK di Desa Intenjaya dan semuanya itu ada di kecamatan Cimarga kabupaten Lebak.

Ditempat terpisah, Ucu Iyan Sekertaris Karang Taruna Satya Bhakti Desa Girimukti menuturkan. Banjir ini diduga akibat tersumbatnya aliran air cisariat, yang mana ada salah satu bangunan warga posisi pondasi rumahnya memakan bantaran aliran sungai tersebut. Sehingga begitu ada hujan deras, aliran sungai cisariat tidak bisa menampung curah hujan yang begitu lebat, hingga mengakibatkan rumah warga terendam.

“Kami dari Karangtaruna telah menyalurkan bantuan kepada warga, kami juga sudah berkordinasi dengan kepala desa Girimukti, agar segera ada solusi terkait banjir ini. Mudah-mudah dalam waktu dekat ini kita akan segera melakukan musyawarah bersama masyarakat,” tutur Ucu

“Alhamdulillah kondisi hari ini air sudah mulai surut, kami Karang Taruna Desa Girimukti turun langsung membantu membersihkan puing-puing dan lumpur yang masuk ke rumah warga,” lanjutnya.

“Kami tidak bisa berbuat banyak, kami dari Karangtaruna hanya sipatnya membantu saja kepada masyarakat yang terdampak banjir,” ujarnya.(ms/frd)

Mungkin Anda Menyukai