Tinjau Vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Emas, Jokowi: Kita Harapkan Segera Terbentuk Herd Immunity

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi Covid-19 massal untuk pekerja dan penumpang kapal di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021).

Dalam kunjungan itu, Jokowi nampak ditemani Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kepala Negara melihat rangkaian vaksinasi mulai dari registrasi hingga penyuntikkan.

Jokowi mengatakan vaksinasi massal di pelabuhan sangat penting lantaran interaksi antarorang di tempat ini sangat tinggi. Karena itu, vaksinasi diharapkan dapat meminimalisir penularan virus corona.

“Kita tahu bersama bahwa aktivitas dan interaksi antarorang di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Provinsi Jawa Tengah ini sangat sangat tinggi. Mulai dari aktivitas bongkar muat kemudian pergerakan kapal, pergerakan penumpang, aktivitas petugas yang ada di pelabuhan, semuanya sangat tinggi,” katanya.

Jokowi menuturkan, vaksinasi massal ini diikuti 1.000 orang pekerja dan penumpang kapal. Ada pula warga dan masyarakat dari kategori lainnya. Ia menargetkan ada 4.000 orang yang sudah divaksin hingga satu pekan ke depan.

“Pada siang hari ini kita melakukan vaksinasi sebanyak 1.000 orang yang kita targetkan nanti satu Minggu ini 4.000 dan kita harapkan adanya percepatan vaksinasi ini bisa melindungi para petugas, para pelayan publik, para pekerja di Pelabuhan Tanjung Emas,” tuturnya.

Baca juga: Bertolak ke Jateng, Jokowi Tinjau Infrastruktur hingga Berikan Pengarahan Penanganan Covid-19

“Kita harapkan segera terjadi (terbentuk) kekebalan komunal herd immunity dan kita berharap semuanya penyebaran Covid-19 bisa kita hambat dan kita hilangkan,” tutup dia.

Mungkin Anda Menyukai